May 25, 2014

Be A Leader

Apakah karakter seorang pemimpin itu sesungguhnya sudah melekat saat mereka lahir, ataukah karakter pemimpin itu dapat kita pelajari?


Dalam kehidupan kita sehari-hari kita mungkin sudah sangat terbiasa mendengar kata "Pemimpin". Penulis pertama kali mendengar dan mulai menelaah arti kata pemimpin waktu Sekolah Menengah saat membaca buku John C. Maxwell yang berjudul "Memimpin saat usia muda". Akan tetapi pada saat itu saya belum bisa mengerti secara betul apa itu pemimpin dan kurang menghayati isi buku tersebut mungkin karena saya masih terlalu belia, saya hanya menganggap seorang pemimipin adalah seorang atasan yang mengarahkan. kemudian baru-baru ini saya membaca buku Joe Haley yang berjudul "Radical Trust" dan di dalam buku itu saya mendapati bahwa pemimpin itu sesungguhnya orang yang memimpin bukan hanya sekedar atasan yang memberikan arahan.

Dalam hidup ini kita memang sangat membutuhkan seorang pemimpin, dalam hal apapun baik itu misalnya dari hal kecil yaitu pemimpin keluarga, pemimpin ketika mengerjakan tugas kelompok, pemimpin ketika kita akan melakukan suatu perjalanan, pemimpin dalam suatu organisasi, bahkan yang sedang marak saat ini ialah pemimpin untuk negara yang kita cintai ini. Dalam hal ini sudah sangat jelas bahwa pemimpin itu memang sangat intens, penting, dan sangat dibutuhkan. 

Akan tetapi pemimpin yang seperti apa yang sesungguhnya kita butuhkan dalam kehidupan ini, apa yang harus melekat dalam dirinya maka dia dapat kita tangguhkan menjadi seorang pemimpin, dan karakter yang seperti apa? Seperti kita tahu karakter manusia itu ada Plegmatis, Melankolis, Koleris, Sanguinis. Apabila anda sudah tahu jenis-jenis karakter tersebut mungkin ada bisa menyimpulkan bahwa orang yang pantas menjadi pemimpin itu adalah orang yang berkarakter Koleris..

Menurut Stephen. P. Robbins (2005) Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain dan memiliki wewenang manajerial, dari pengertian ini dapat kita lihat bahwa seorang pemimpin itu memang harus bisa menjadi orang yang bisa memberikan pengaruh supaya apa yang dikatakan atau diaarahkannya didengarkan.
Moore (1927) menyatakan: Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengesankan kehendak pemimpin pada mereka dipimpin dan mendorong ketaatan, rasa hormat, kesetiaan dan kerjasama.
Burns (1978) menyatakan: Kepemimpinan adalah sebuah ‘proses mobilisasi individu dengan motif-motif tertentu, nilai-nilai dan akses ke sumber daya dalam konteks persaingan dan konflik dalam mencapai tujuan.
Howard Gardner (1995) menyatakan: Pemimpin adalah mereka yang, ‘dengan kata-kata dan/atau contoh pribadi, guna mempengaruhi perilaku, pikiran, dan/atau perasaan dari sejumlah besar sesama manusia.
Donald Krause (1997) menyatakan: Tujuan utama dari kepemimpinan adalah untuk mencapai hal-hal yang berguna dan diinginkan yang menguntungkan orang yang dipimpin.
Jo Broshahan (1999) menyatakan: Kepemimpinan adalah ‘campuran khusus dari hadiah yang meliputi integritas, visi, kemampuan untuk menginspirasi, suatu kesadaran diri yang mendalam, keberanian untuk berinovasi, dan rasa instan dan sempurna dari penghakiman.
Abrahams (2001) menyatakan: Kepemimpinan adalah tentang visi dan memiliki keberanian untuk melakukan hal yang benar – yang berbeda dari manajemen, kesemuanya adalah tentang melakukan hal yang benar – bahkan jika ada risiko.
 Menurut pengarang favorit saya  John C. Maxwell (1947) Pemimpin adalah orang yang memiliki otoritas (formal dan informal) untuk mengajar dan memberikan penghargaan terhadap kinerja yang diinginkan.

Dari pendapat para ahli ini dapat disimpulakan bahwa sesungguhnya Kepemimpinan itu adalah pengaruh. Dan orang yang patut menjadi pemimpin itu bukan orang sembarangan melainkan orang-orang yang memiliki integritas, visi, misi pandangan kedepan, tegas, dan yang paling utama adalah orang yang memiliki pengaruh.
Untuk anda para pembaca yang hendak menjadi seorang pemimpin sejati haruslah anda ingat bahwa seorang pemimpin harus :
  1. Seorang pemimpin memiliki visi 
  2. Seorang pemimpin mengikuti misi sejatinya 
  3. Seorang pemimpin memiliki sifat ramah dan dekat dengan orang-orang 
  4.  Seorang pemimpin tidak puas pada keberhasilan mereka
  5. Seorang pemimpin mendapatkan rasa hormat dari lawan-lawannya 
  6. Seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  7.  Seorang pemimpin yang baik memiliki fleksibilitas 
  8. Seorang pemimpin memiliki tim yang kompeten di sekelilingnya
 Jadi intinya untuk menjadi seorang pemimpin itu adalah proses, kita memang harus belajar dan menerapkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, bukan semata-mata saat kita lahir dan dinobatkan menjadi seorangg pemimpin. Mungkin ada sebagian kecil yang dapat membantu bagi beberapa orang yakni karakternya, akan tetapi hal itu buka menjadi patokan karena sesungguhya seorang pemimpin membutuhkan beberapa hal dari 4 karakter yang dimiliki manusia. Dan kita semua berkompeten menjadi seorang pemimpin, tergantung pada diri kita apakah kita mau dan bertekad.
 

Refrensi Post :
http://perilakuorganisasi.com/definisi-kepemimpinan.html
http://www.akuinginsukses.com/menjadi-pemimpin-yang-baik/
http://aniatih.blogspot.com/2014/03/pengertian-pemimpin-dan-kepemimpinan.html

No comments:

Post a Comment