Apr 16, 2014

->

Penilaian Eksternal

 Hakikat Audit Eksternal  
Tujuan audit eksternal (eksternal audit) adalah untuk mengembangkan sebuah daftar terbatas dari peluang yang dapat mebguntungkan sebuah perusahaan dan ancaman yang harus dihindari. Bertujuan mengidentifikasi variable-variabel penting yang menawarkan respons berupa tindakan.  
Kekuatan-kekuatan Eksternal Utama   Kekuatan-kekuatan eksternal (external forces) dapat dibagi menjadi 5 kategori luas : Kekuatan ekonomi Kekuatan sosial, budaya, demogfrafis, dan lingkungan Kekuatan politik, pemerintahan dan hukum Kekuatan teknologi

Kekuatan kompetitif  
Proses Melakukan Audit Eksternal  
Untuk melakukan audit eksternal, sebuah perusahaan harus terlebih dulu mengumpulkan inteligen kompetitif dan informasi mengenai berbagai tren ekonomi, sosial, budaya, demografis, lingkungan,politik, pemerintahan, hokum, dan teknologi. Orang bias dimintai memonitor sumber informasi dan dapat mengumpulkan laporan pemindaian periodik kepada komisi manajer yang dipercaya untuk melakukan audit eksternal.
Freund menekankan bahwa factor-faktor eksternal utama ini harus (1) penting untuk pencapaian tujuan jangka panjang dan tahunan
(2) terukur,
(3) bias diterapkan untuk semua perusahaan saingan ,
(4) hierarkis   Pandangan Organisasi Industrial    

Para teoritikus Industrial Organization (I/O) percaya bahwa industry dimana sebuah perusahaan memilih untuk bersaing memiliki pengaruh yang lebih kuat pada kinerja perusahaan tersebutdaripada berbagai keputusan fungsional internal yang dibuat  manajer dalam pemasaran, keuangan, dan semacamnya.  

Kekuatan Ekonomi    
Faktor ekonomi memiliki dampak langsung terhadap daya tarik potensial dari beragam strategis. Sebagai contoh, ketika suku bunga naik, dana yang diperlukan untuk ekspansi modal menjadi lebih mahal atau tidak tersedia. Juga, ketika tingkat suku bunga naik, pendapatan direksioner menurun dan permintaan barang pun turun.  
Kekuatan Sosial, Budaya, Demogfrafis, dan Lingkungan    Perubahan sosial, budaya, demografis dan lingkungan memiliki dampak yang besar atas hamper semua produk, jasa, pasar, dan konsumen. Organisasi-organisasi kecil, besar, laba, dan nirlaba di semua industry dikejutkan dan ditantang oleh peluang dan ancaman yang muncul dari perubahan dalam variable sosial, budaya, demografis, dan lingkungan. Dalam hampir segala hal, dunia saat ini sangat berbeda dibandingkan kemarin, dan esok lebih menjanjikan perubahan yang lebih besar lagi.

  Kekuatan Politik, Pemerintahan, dan Hukum  
 Pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan pembuat regulasi, deregulasi, penyubsidi, pemberi kerja, dan konsumen utama organisasi. Faktor-faktor politik, pemerintahan, dan hukum, karenanya dapat mempresentasikan peluang dan ancaman utama baik bagi organisasi kecil maupun besar.      

Kekuatan Teknologi  
 Perubahan dan penemuan teknologi yang revolusioner memiliki dampak yang dramatis terhadap organisasi. Kemajuan superkonduktivitas saja, yang meningkatkan daya produk-produk elektrik dengan mengurangi resistensi pada arus, telah merevolusi operasi bisnis, khususnya dalam industry transportasi, utilitas, perawatan kesehatan, kelistrikan dan computer. Salah satu kekuatan teknologi adalah internet. Internet bertindak sebagai mesin ekonomi nasional dan global yang memacu pertumbuhan, sebuah factor yang sangat penting bagi Negara untuk meningkatkan standar hidup.   Kekuatan Kompetitif    Mengumpulkan dan mengevaluasi informasi tentang pesaing penting bagi perumusan strategi yang berhasil.

Tujuh karakteristik mendeskripsikan perusahaan yang paling kompetitif : Pangsa pasar penting; pangsa sebesar 90 % tidak sepenting pangsa 91% dan tidak ada yang lebih berbahaya dari penurunan 89 Memahami dan mengingat dengan persis bisnia apa anda bergerak Entah masalah atau tidak, perbaikan jalan terus, jadikan lebih baik lagi, tidak hanya produknya, tetapi keseluruhan Berinovasi dan tergerus Akuisisi sangat penting untuk pertumbuhan Orang bias membuat perbedaan Kualitas tak tergantikan dan tidak ada ancaman yang lebih besar dibandingkan kalah bersaing tingkat global.  

Program-program Intelijen Kompetitif  Intelijen kompetitif (CI) adalah sebuah proses yang sistematis dan etis untuk mengumpulkan serta menganalisis informasi mengenai aktivitas pesaing dan tren bisnis umum untuk mencapai tujuan bisnis sendiri. Intelijen kompetitif bisnis yang baik, adalah salah satu kunci keberhasilan karna semakin banyak informasi dan pengetahuan maka perusahaan dapat menerapkan strategi yang efektif.  

Kerja Sama Antarpesaing  
Kesepakatan kerja sama antar pesaing sudah populer lagi. Agar kerjasana antarpesaing sukses, kedua perusahaan harus menyumbangkan sesuatu yang berbeda, seperti teknologi, distribusi, riset dasar atau kapasitas produk. Akan tetapi, resiko terbesarnya adalah bahwa transfer keterampilan atau teknologi penting yang tanpa sengaja mungkin terjadi di tingkat organisasi. Informasi yang tidak mencakup dalam kesepakatan resmi sering kali tertukar dalam interaksi keseharian, pergaulan, pemasaran dan sering terjadi kebocoran informasi kepada perusahaan pesaing ketika bekerja dalam kesepakatan kerja sama.  

Kebersamaan Pasar dan Kesamaan Sumber Daya  

Kebersamaan pasar dapat didefinisikan sebagai jumlah dan signifikansi pasar dimana sebuah perusahaan bersaing. Kemiripan sumber daya adalah sejauh mana jenis dan besarnya sumber daya internal sebuah perusahaan dibandingkan yang dimiliki pesaing.  

Analisis Kompetitif : Model Lima Kekuatan Porter  Menurut Porter, hakikat persaingan di suatu industry tertentu dapat dipandang sebagai perpaduan dari 5 kekuatan:
Persaingan antarperusahaan saingan Poteni masuknya pesaing baru Potensi pengembangan produk-produk pegganti Daya tawar pemasok Daya tawar konsumen  
Sumber-sumber Informasi Eksternal    Sumber-sumber informasi strategis yang dipublikasikan mencakup terbitan berkala, jurnal, laporan, dokumen pemerintah, abstrak, buku, direktori, surat kabar, dan manual.
Internet telah menudahkan perusahaan untuk menyumpulkan, menyesuaikan, dan mengevaluasi informasi.

  Berbagai Alat dan Teknik Peramalan  
 Peramalan (forecast) adalah asumsi berdasar mengenai trend an kejadian masa depan. Pembuatan ramalan merupakan sebuah aktivitas yang kompleks diikuti berbagai factor-faktor.  
Analisis Industri : Matriks Evaluasi Faktor Eksternal  

 Matriks Evaluasi Faktor Eksternal  
Dikembangkan dengan lima langkah :
Buat daftar factor-faktor eksternal utama sebagaimana yang disebutkan dalam proses audit eksternal Berilah pada setiap factor tersebut bobot yang berkisar 0,0 tidak penting sampai bobot 1,0 sangat penting Berilah peringkat 1 sampai 4 pada setiap factor eksternal untuk menunjukkan efektif strategi perusahaan Kalikan bobot setiap factor dengan perigkatnya menentukan skor bobot. Jumlah skor rata-rata untuk setiap variable guna menentukan skor bobot total untuk organisasi.  
Matriks Profil Kompetitif  
 Matrik Profil Kompetitif mengidntifikasikan pesaing-pesaing utama dalam suatu perusahaan serta kekuatan dan kelemahan khusus mereka dalam hubungannya dengan posisi strategis perusahaan sampel.  

No comments:

Post a Comment