Apr 24, 2014

Manajemen strategis


Soal dan Jawaban Manajemen strategi

07. Menurut anda mengapa beberapa pejabat eksekutif kepala gagal menggunakan pendekatan manajemen strategis dalam pengambilan keputusan?
Jawaban
Pejabat eksekutif kepala gagal menggunakan pendekatan manajemen strategis dalam pengambilan keputusan bisa terjadi karena banayak hal, misalnya:
1.      Melakukan pendekatan strategis hanya semata-mata untuk memenuhi persyaratan akreditasi.
2.      Gagal dalam hal mengkomunikasikan rencana kepada staf, sehingga staf bekerja tanpa panduan.
3.      Pejabat eksekutif kepala membuat banyak keputusan yang intuitif yang bertentangan dengan rencana formal
4.      Pejabat eksekutif kepala tidak sepenuhnya mendukung proses pendekatan manajemen strategis
5.      Gagal melakukan pendekatan sebagai standar untuk mengukur keputusan.

15. Menurut Pendapat anda, apakah satu keuntungan terbesar dari menggunakan pendekatan manajemen strategis untuk pengambilan keputusan?
Jawaban
Keuntungan terbesar dari sebuah perusahaan menggunakan pendekatan strategis untuk mengambil keputusan adalah suatu perusahaan tersebut dimungkinkan akan secara proaktif dalam membentuk masa depannya karena setiap perencanaan yang ada dalam perusahaan sudah terorganisir dengan baik sehingga suatu perusahaan ataupun organisasi memulai san memengaruhi aktivitas perusahaan dan mereka memiliki kontrol tersendiri untuk menentukan nasib perusahaan. Dengan kata lain perusahaan sudah menentukan dari awal langkah-langkah jalannya perusahaan ataupun visi dan misi perusahaan dimana akan membuat kontrol yang baik saat menjalankan perusahaan.


18. Mengapa semua program studi yang terkait dengan bisnis harus mempelajari manajemen strategis karena toh sebagian mahasiswanya tidak akan pernah menjadi seorang pejabat eksekutif kepala atau bahkan manajer puncak dari sebuah perusahaan?
Jawaban
Mahasiswa yang belajar di program studi yang terkait dengan bisnis pastis secara langsung
program studi yang terkait dengan bisnis pasti akan mengajarkan “Etika bisnis”. Tentunya untuk menjadi pebisnis yang baik  harus memiliki etika bisnis yang baik pula. Ketika pebisnis memiliki etika bisnis yang baik maka itu pula yang menjadi prasyarat untuk manajemen strategis yang baik. Manajemen strategis yang baik akan sangat membantu menciptakan bisnis yang baik. Jadi, tidak harus menjadi seorang pejabat eksekutif ataupun manajer tingkat puncak supaya bisa mempelajari manajemen strategis. Karena ilmu manajemen strategis itu sendiri punya cakupan yang luas yang bisa kita realisasikan dalam banyak hal.

12. Jika anda memiliki sebuah bisnis kecil, Apakah anda akan mengembangkan kode etik bisnis? Jika ya, variabel-variabel apa yang akan anda masukkan? Jika tidak, bagaimana Anda akan memastikan bahwa standar-standar bisnis yang etis, dipatuhi oleh para karyawan Anda?
Jawaban
Jika saya memiliki sebuah bisnis kecil tentunya saya akan mengembangkan kode etik bisnis, karena seberapa kecil atau besar pun bisnis kita semuanya membutuhkan etika demi kelancaran bisnis. Variabel yang akan saya masukkan adalah variabel sosial dan variabel teknologi. Saya menggunakan ini karena bisnis saya masih tergolong kecil dan elum membutuhkan variabel ekonomi dan politik.
Variabel sosial  yang akan saya gunakan mencakupi faktor gaya hidup seperti selera masyarakat, tren yang sedang diminati. Maka saya akan memulai bisnisnya dengan tren yang ada saat ini.
Variabel teknologi saya gunakan juga karena kemajuan teknologi yang turut berkembang dari waktu ke waktu turut mempengaruhi dunia usaha, maka kita dituntut untuk terus melaksanakan adaptasi teknologi, misalnya kita dapat mempromosikan bisnis kita lewat media sosial, tentunya ini akan sangat membantu kelangsungan bisnis kita.

16. Bandingkan strategi bisnis dan strategi militer!
Jawaban
Perbandingan Strategi bisnis dan strategi militer adalah bahwa strategi bisnis diformulasikan, diimplementasikan, dan dievaluasi dengan asumsi persaingan, sedangkan strategi militer berdasarkan pada asumsi konflik. Tetapi konflik militer dan persaingan bisnis sangatlah mirip sehingga banyak teknik manajemen strategis bisa dilakukan untuk keduanya.

05. Jelaskan pentingnya pernyataan visi dan misi!
Jawaban
1.      Memastikan adanya kesatuan tujuan dalam organisasi.
Ketika suatu perusahaan memiliki visi dan misi maka itu akan menjadi satu fokus berjalannya organisasi atau yang menjadi tujuan organisasi.
2.      Menjadi dasar atau standar dalam mengalokasikan sumber daya organisasi.
Ketika sudah memiliki visi dan misi, perusahaan sudah dapat mengukur ataupun mengkontrol sumber daya yang akan digunakan baik itu jasa maupun barang secara jelas sehingga membantu organisasi tetap dalam kondisi stabil.
3.      Menciptakan nada atau iklim organisasi yang sama
4.      Sebagai acuan bagi setiap individu dalam memahami tujuan dan arah organisasi, dan untuk membatasi mereka yang tidak bisa memahami tujuan dan arah organisasi tersebut secara lebih jauh turut serta dalam kegiatan organisasi.
5.      Memfasilitasi penerjemahan tujuan-tujuan organisasi ke struktur kerja termasuk penugasan kerja kepada bagian-bagian yang bertanggung jawab dalam organisasi
6.      Menjelaskan tujuan-tujuan organisasi dan menerjemahkan tujuan-tujuan tersebut menjadi beberapa sasaran kegiatan yang memiliki parameter biaya, waktu dan kinerja yang dapat dinilai dan diawasi.
  
08. Diskusikan pentingnya umpan balik dalam model manajemen strategis!Jawaban
Sesuai dengan bagan timbal balik diatas, semua organisasi mempunyai kekuatan dan kelemahan dalam berbagai bidang fungsional. Namun, tidak satupun perusahaan yang mempunyai kekuatan dan kelemahan yang sama dalam semua bidang. Oleh karena itu kita perlu umpan balik ataupun kerjasama dari setiap bidang atau komponen dari manajemen strategi itu sendiri.

No comments:

Post a Comment