Mar 22, 2014

EAC

Saya barusan mengisi kuisioner teman saya tentang AEC (Asean Economic Community) ataupun MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) tahun 2015. Pada tanggal 20 November 2007 negara-negara ASEAN sudah menyepakati untuk mengadakan MEA pada tahun 2015. Apa jadinya  kalau semua negara-negara di luar Indonesia yang ada di ASEAN bebas berinvestasi di Indonesia. sebenarnya saya masih kurang mengerti dan belum memahami betul apa keuntungan dan kerugian MEA ini diadakan bagi Indonesia, akan tetapi hal itu  disahkan karena pastinya memiliki dampak baik bagi perkenomian Indonesia.

Akan tetapi bagi saya seorang mahasiswi, untuk saat ini saya berpikir. saya adalah mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas negeri di Sumatera Utara, dan untuk saat ini saya jujur mengatakan bahwa skill saya untuk menjadi seorang akuntan masih nol besar, bagaimana bisa nanti saya bersaing dengan mahasiswa dari luar negeri, misalnya dari salah satu negara maju di ASEAN yaitu Singapura.Apakah nanti saya masih bisa mendapatkan lowongan pekerjaan yang pas? atau berpindah haluan pekerjaan?


dan bila melihat catatan perdagangan  dengan Negara ASEAN beberapa tahun terakhir, Indonesia layak optimis bahwa MEA merupakan peluang untuk maju lebih pesat. Hubungan dagang dengan negara-negara ASEAN telah mendongkrak peningkatan ekspor. Indonesia saat ini mengontribusikan sekitar 50 persen  pertumbuhan negara-negara kawasan ASEAN. Angka ini memberikan sinyal positif bahwa MEA adalah bentuk peningkatan intensitas hubungan ekonomi dengan negara-negara ASEAN,  yang akan memberi dampak yang menjanjikan bagi ekonomi Indonesia di masa depan.
sudah jelas pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin baik, tetapi bagaimana dengan SDM nya,
Sumber daya manusia Indonesia sedang terancam dari berbagai sisi, antara lain integrasi mobilitas tenaga kerja kawasan ASEAN melalui kesepakatan diberlakukannya MEA, teknologi yang semakin berkembang dan perdagangan bebas yang menyebabkan membanjirnya produk luar di Indonesia. 

yang bisa dilakukan untuk saat ini adalah membuat SDM di Indonesia memang sumber daya manusia yang bermutu, ataupun bisa dengan cara lebih memupuk jiwa-jiwa wiirausaha bagi SDM di Indonesia, terutama untuk mahasiwa-mahasiswa saat ini, sangat perlu dilahirkannya jiwa-jiwa enterpreneur. 



No comments:

Post a Comment