Mar 24, 2015

PENYUSUNAN LAPORAN HASIL AUDIT


Tahap pelaporan adalah tahap yang paling penting dari siklus pekerjaan audit kinerja. Laporan audit harus memberikan nilai tambah  bagi pemangku kepentingan (stakeholder), yaitu lembaga legislatif, pemerintah, media, publik maupun akademisi. Oleh karena itu laporan audit harus disusun sebaik mungkin.
 
TUJUAN DAN MANFAAT PELAPORAN AUDIT KINERJA
Secara umum, manfaat laporan audit adalah sebagai alat komunikasi antara antara auditor dan auditee serta pejabat pemerintah  yang berwenang sehingga terhindar dari kesalahpahaman dan salah tafsir terhadap hasil audit.
Pada audit Kinerja, tujuan hasil pelaporan audit adalah menyediakan informasi, rekomendasi dan penilaian yang independen bagi para pengguna laporan mengenai pelaksanaan kegiatan entitas yang diaudit, apakah telah diselenggarakan secara ekonomis, efisien, dan efektif.

KARAKTERISTIK LAPORAN YANG BAIK
Karakteristik laporan audit kinerja yang baik menurut Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) adalah sebagai berikut.
1.      Tepat waktu
2.      Lengkap
3.      Akurat
4.      Objektif
5.      Meyakinkan
6.      Jelas
7.      Ringkas

PELAPORAN AUDIT KINERJA SEBAGAI SUATU PROSES
Pelaporan audit kinerja dapat dipandang sebagai suatu  proses yang berkelanjutan. Sebelum menghasilkan laporan audit akhir, selama pelaksanaan audit, tim audit akan menghasilkan berbagai  bentuk laporan.
Lembar Diskusi
Lembar Diskusi memuat penyimpangan-penyimpangan yang ditemukan oleh auditor yang perlu dimintakan penjelasan dari pejabat yang bertanggung jawab atas kegiatan yang sedang diaudit.


Observasi Audit
Berdasarkan hasil diskusi dengan pejaba yang bertanggung jawab, auditor harus melakukan observasi audit guna meyakinkan kebenaran informasi yang disampaikan oleh entitas.
Draf Laporan Audit Kinerja
Draf laporan audit sebaiknya menjelaskan tujuan dan lingkup audit untuk memungkinkan pembaca memahami tujuan audit. Draf laporan juga harus mengindikasikan (jika ada) pembatasan atas lingkup audit, alasan pembatasan tersebut, dan usaha yang dilakukan untuk menanganinya.
STRUKTUR DAN CARA PENYAJIAN LAPORAN
Struktur Laporan
1)      Judul
2)      Ringkasan
3)      Pendahuluan
4)      Tujuan dan Ligkup audit
5)      Waktu Pelaporan
6)      Kriteria Audit
7)      Metodologi
8)      Temuan
9)      Simpulan dan rekomendasi
10)  Daftar istilah
Langkah-langkah penyusunan Laporan Audit
1)      Menyusun Konsep Laporan
2)      Mendapatkan Komentar Instansi
3)      Menyusun Lapooran akhir

No comments:

Post a Comment